Ich mag, wenn's kracht.: Jürgen Klopp. Die Biographie

Ich mag, wenn's kracht.: Jürgen Klopp. Die Biographie

Biologi Bila stratum germinativum tidak berfungsi, maka kulit pada manusia akan .....

Bila stratum germinativum tidak berfungsi, maka kulit pada manusia akan .....

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang menjadi indra peraba dan perasa. Kulit juga pelindung saat mengalami kontak langsung pertama kalinya dengan interaksi di luar. Stratum germinativum adalah lapisan paling bawah dari salah satu bagian kulit, yaitu epidermis. Jika stratum germinativum tidak bekerja dengan baik, maka kulit manusia akan kering.

Pembahasan:

Kulit terdiri dari tiga bagian utama, yaitu epidermis (bagian terluar), dermis (bagian tengah), dan subkutan (bagian terdalam).

Epidermis melindungi bagian dalam kulit dari radiasi sinar matahari, melindungi tubuh dari benturan mekanis, zat berbahaya yang mengenai kulit, infeksi, dan lain sebagainya. Terdapat 5 lapisan di dalam epidermis, yaitu :

  1. Stratum Korneum adalah lapisan terluar yang mengandung sel-sel mati yang tidak mempunyai dan protoplasmanya telah menjadi keratin.
  2. Stratum Ludisum adalah lapisan dibawah startum korneum yang mengandung sel-sel tidak berinti dan protoplasmanya berubah menjadi eleidin.
  3. Stratum Granulosum mengandung sel-sel dengan sitoplasma berbutiran kasar yang terdiri dari keratohialin yang berfungsi sebagai katalisator proses penandukan kulit.
  4. Stratum Spinosum terdiri dari sel-sel yang berbentuk poligonal, protoplasmanya banyak mengandung glikogen.
  5. Stratum Germinativum adalah lapisan terbawah dari epidermis, sel-selnya mengalami pembelahan yang mereproduksi sel-sel kulit mati. Apabila lapisan ini tidak berfungsi dengan baik, maka akan ada banyak sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kering.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang penjelasan Sistem Eksresi pada link https://brainly.co.id/tugas/613231

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]